Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2017

Font Size: 
KEEFEKTIFAN METODE MEMBACA TERBIMBING BERBANTU POSTER CERGAM TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DI KELAS III SD SIWALAN SEMARANG
Tini Purwanti, Mudzanatun Mudzanatun, Wawan Priyanto

Last modified: 2018-03-19

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan metode pembelajaran membaca terbimbing berbantu poster cergam terhadap membaca pemahaman isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Siwalan Semarang. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas IIIA dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan bentuk one Group Pretest Posttest Design. Hasil analisis data penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest 63 sedangkan nilai rata-rata posttest 84, sehingga ada peningkatan setelah mendapatkan perlakuan dengan metode membaca terbimbing berbantu poster cergam. Pada analisis akhir hasil uji t diketahui lebih besar dari  (16,380 > 2,045) taraf signifikan 5%. Kesimpulannya bahwa metode membaca terbimbing berbantu poster cergam efektif terhadap membaca pemahaman teks di kelas IIIA SDN Siwalan Semarang.

Full Text: PDF