Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD
Fine Reffiane

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Pelaksanaan pendidikan di SD, masih berjalan apa adanya, jumlah guru yang kurang, dengan latar belakang pendidikan yang masih belum sesuai dengan bidang tugasnya, kondisi gedung yang belum representatif, jumlah murid yang semakin berkurang dan berbagai masalah yang perlu segera mendapatkan penanganan secara lebih serius.

Dari berbagai permasalahan tersebut, setidaknya akan berefek pada kualitas pembelajaran di sekolah menjadi kurang menggairahkan, kurang menyenangkan, dan cenderung monoton mengarah kebosanan. Kebosanan tersebut tidak hanya menimpa pada siswa, namun juga para guru-guru di SD. Agar tidak terjadi kebosanan diantara para siswa maupun para guru, pemerintah perlu melakukan berbagai upaya yang yang mampu memberikan solusi terbaik, guna peningkatan mutu dan hasil pendidikan di Sekolah Dasar.

Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan pemerintah di era reformasi ini, telah banyak menghasilkan berbagai terobosan-terobosan. Berbagai terobosan yang yang telah dilakukan pemerintah antara lain; (1) Pembaharuan kurikulum dari kurikulum 1994 disempurnakan menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dilauncing(dilancarkan/diadakan) pada tahun 2004, (2) Perubahan manajemen sekolah dari manajemen konvesional menjadi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS), (3) Peningkatan profesionalisme guru, (5) Perubahan dalam pendekatan pembelajaran, (5) adanya program ketrampilan hidup (life skill) yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Profesional, Mutu, Guru SD