Seminar Universitas PGRI Semarang, PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN

Font Size: 
PENGEMBANGAN KINERJA GURU PAUD PAUD MELALUI EVALUASI BAGI GURU PAUD BERSERTIFIKASI
Purwadi Purwadi, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti

Last modified: 2012-11-14

Abstract


Dalam tataran mikro teknis, guru PAUD sebagai tenaga pendidik merupakan pemimpin pendidikan. Guru PAUD menentukan dalam proses pembelajaran di kelas, dan peran kepemimpinan tersebut akan tercermin dari bagaimana guru PAUD melaksanakan peran dan tugasnya, ini berarti bahwa kinerja guru PAUD merupakan faktor yang amat menentukan bagi mutu pembelajaran/pendidikan yang akan berimplikasi pada kualitas output pendidikan setelah menyelesaikan sekolah.

Kinerja Guru PAUD  pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh guru PAUD dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kualitas kinerja guru PAUD akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru PAUD merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pendidikan/pembelajaran di lembaga pendidikan Sekolah. Dan untuk memahami  apa dan bagaimana kinerja guru PAUD itu, terlebih dahulu akan dikemukakan tentang makna Kinerja serta bagaimana mengelola kinerja dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Penghargaan yang diberikan Pemerintah terhadapa Kinerja Guru PAUD yang baik adalah dengan memberikan tunjangan profesi (sertifikasi). Kinerja guru PAUD pasca sertifikasi akan terus dievaluasi berdasarkan capaian luaran ilmiah berdasarkan kenyataan  bahwa Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) merupakan bentuk tunjangan yang diberikan kepada guru PAUD agar dapat meningkatkan kinerja profesinya. Kinerja guru PAUD benar-benar akan terlihat jika guru PAUD dapat menghasilkan produk yaitu suatu luaran ilmiah. Selama guru PAUD tidak bisa menghasilkan sutau luaran ilmiah, maka guru PAUD tersebut belum dapat dikatakan telah meningkatkan kinerjanya. Sertifikasi memiliki pengaruh yang rendah terhadap kinerja guru PAUD. Hal ini tampak dari hasil perbandingan kinerja guru PAUD mengalami penurunan dibandingkan sebelum sertifikasi. Kondisi ini menuntut agar dilakukan evaluasi terhadap program sertifikasi guru PAUD untuk melihat apakah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Disamping itu perlu ada pola pembinaan yang terpadu da berkelanjutan kepada guru PAUD-guru PAUD yang telalh lulus sertifikasi. Lebih jauhnya, diperlukan badan atau lembaga independen yang mampu mengawasi program sertifikasi guru PAUD mulai dari proses pelaksanaan sertifikasi sampai kepada pembinaan guru PAUD pasca-sertifikasi.

 

Kata kunci: pendidik, kinerja guru PAUD, sertifikasi

 


Full Text: PDF