Seminar Universitas PGRI Semarang, Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Melalui Lesson Study 2011

Font Size: 
METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PELAKSANAAN OPEN CLASS LESSON STUDY MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN
Eko Retno Mulyaningrum, Rivanna Citraning Rahmawati

Last modified: 2013-10-18

Abstract


Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok dosen. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana proses pembelajaran; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para dosen lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif; (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang dosen dapat menimba pengetahuan dari dosen lainnya. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) plan (perencanaan), (2) do (pelaksanaan), (3) see (refleksi). Lesson Study pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan dilaksanakan dengan menggunakan metode Cooperative Learning pada semester III di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang. Metode Cooperative Learing pada pelaksanaan Open Class dalam Lesson Study ini dilaksanakan dengan model-model pembelajaran Talking Stick, TGT (Teams Games Tournament), Jigsaw, dan Course Review Horay.

Kata kunci: Lesson Study, Cooperative Learning


Full Text: PDF