Seminar Universitas PGRI Semarang, Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Melalui Lesson Study 2011

Font Size: 
PEMBELAJARAN FISIKA LINGKUNGAN BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Susilawati Susilawati

Last modified: 2013-10-10

Abstract


Penerapan Lesson Study merupakan pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Hasil penelitian ini menyajikan hasil Lesson Study dipandang dari dosen model pada mata kuliah Fisika Lingkungan di jurusan Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang. Peneliti yang juga dosen model melakukan dua kali Lesson Study. Hasil dari Lesson Study ini adalah sebagai berikut: Pertama, berdasarkan hasil diskusi dan analisis lembar observasi diperoleh bahwa ada perbaikan dalam proses perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan perbaikan lanjutan dari refleksi pembelajaran sebelumnya. Kedua, hasil penelitian diperoleh rata-rata Gain yang Dinormalisasi kemampuan pemecahan masalah untuk kelas eksperimen 0,60 kategori sedang dan kelas kontrol 0,16 kategori rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis Lesson Study secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Lesson Study, Pemecahan Masalah

Full Text: PDF