Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
THE DESCRIPTION OF NURSERY RHYMES FOR CHARACTER BUILDING USED BY THE TEACHER OF VERY YOUNG LEARNER STUDENTS: A CASE STUDY OF PAUD ANAK BANGSA VI SEMARANG
Tarcisia Sri Suwarti, Jafar Sodiq, Gampang Nurcahyo

Last modified: 2016-03-01

Abstract


Tujuan penelitian ini; 1) menggambarkan bagaimana guru mengaplikasikan nursery rhymes untuk pembangunan karakter siswa di PAUD Anak Bangsa VI Semarang; 2) mengetahui masalah yang dihadapi guru 3) mengetahui kemungkinan solusi untuk memecahkan masalah guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru PAUD Anak Bangsa VI Semarang. Penulis mengambil data dari observasi, kuesioner, dan interview.Dari hasil penelitian, guru menggunakan beberapa tehnik proses pengaplikasian nursery rhymes, seperti: memperkenalkan materi ajar, memberikan rangsangan untuk menarik perhatian siswa, memberikan contoh dan pengulangan lagu, memberikan panduan, membuat beberapa gerakan untuk menciptakan situasi menyenangkan, memberikan latihan, dan membuat koreksi terhadap kesalahan siswa. Langkah pengaplikasian nursery rhymes mengandung nilai-nilai karakter seperti; keberanian, kecakapan, rasa hormat, toleransi, mandiri, jujur, pintar, tanggung jawab, kerjasama, ketepatan, adil, mencintai, aspek sosial, peduli, dan keceriaan. Masalah yang dihadapi guru adalah kesulitan dalam menyiapkan materi lagu, mengontrol kelas, mendapatkan pemahaman siswa, memberikan bimbingan dan memotivasi

siswa untuk bernyanyi dengan jelas. Solusi yang bisa dilakukan; 1) mencari materi yang berhubungan dengan pengajaran siswa usia dini dalam berbagai sumber dan mengikuti seminar atau pelatihan guru untuk mengambangkan kemampuan mereka dalam mengajar siswa usia dini. 2) mengontrol kelas dengan cara komunikasi lisan dan non lisan.Para guru seharusnya banyak berlatih dan mengikuti pelatihan guru dan mengkonsultasikan kepada para ahli pendidikan tentang bagaimana mengajar siswa usia dini. Universitas PGRI Semarang dapat memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat dengan menyediakan pelatihan guru, seminar, bimbingan kepada institusi formal maupun non formal, serta membuat penelitian lanjutan.

Kata Kunci: deskriptif, nursery rhymes, pembangunan karakter,siswa usia dini, tutor


Full Text: 307-319