Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
REFLEKSI KEARIFAN LOKAL DALAM SIKAP DAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA ATS (AKADEMI TEKNOLOGI SEMARANG ) MELALUI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) DI IKIP PGRI SEMARANG
Subur Laksmono, Sri suneki, Ririn Ambarini

Last modified: 2016-03-01

Abstract


English for Specific Purposes (ESP) adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran bahasa Inggris dimana konten dan aktifitas dalam pembelajaran disesuaikan dengan area program studi pembelajar atau kebutuhan dari English learners. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa ATS (Akademi Tehnik Semarang) di IKIP PGRI Semarang, semester I tahun ajaran 2013/2014. Adapun jumlah mahasiswa ATS semester 1 kelas pagi tahun ajaran 2013/2014 adalah 26 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan formula t-test yang dikomparasikan dengan t-table. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada nilai signifikan antara hasil pre test dan hasil post test. Hasil dari kalkulasi t-test adalah 4.43. Karena t-table adalah 2.04, maka dapat disimpulkan bahwa ttest > ttable. Kaklulasi penghitungan data menunjukkan bahwa hasil dari t-test lebih tinggi dari ttable, hal itu berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis positif yang mengatakan bahwa “Hi: ada perkembangan yang signifikan terhadap kemampuan speaking skills mahasiswa ATS di IKIP PGRI Semarang ketika pendekatan ESP (English for Specific Purposes) diterapkan dalam bentuk English for Tehnical Students. Dalam penelitian ini, refleksi kearifan lokal dalam sikap dan kemampuan speaking skills mahasiswa ATS di IKIP PGRI Semarang ketika proses pembelajaran bahasa Inggris berlangsung yaitu 59.2 % mendapat kategori sangat baik karena mahasiswa ATS mampu merefleksikan kearifan lokal dalam hal ini nilai-nilai peribahasa jawa dalam sikap dan perbuatan yaitu ketika performansi mereka selama pembelajaran berlangsung. Kemudian, 25.8 % mahasiswa ATS mendapat kategori baik dalam merefleksikan kearifan local dalam sikap dana juga kemampuan speaking skills mereka ketika pembelajaran bahasa Inggris berlangsung di kelas. Dan yang terakhir, 15 % mendapat kategori kurang baik dalam merefleksikan nilai-nilai kearifan lokal sesuai dengan indikatornya dalam sikap dan perbuatan khususnya pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas.

Kata kunci: Refleksi Kearifan Lokal, English for Specific Purposes (ESP), Speaking Skils.


Full Text: 252-266