Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
STRATEGI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI CERPEN PADA MAHASISWA NON-BAHASA INGGRIS DI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI SEMARANG
M. Wahyu Widianto, Muhammad Arief Budiman

Last modified: 2015-12-28

Abstract


Penelitian ini diselenggarakan dalam dua tahap (dalam empat bulan). Penelitian tahap I difokuskan pada: 1. Penyusunan Konsep Awal pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 2. Mengidentifikasikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris di semester satu jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Univ PGRI Semarang; 3. Mengkaji secara teoritis substansi pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 4. Penyusunan model pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 5. Uji coba model pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris. Penelitian tahap II adalah kelanjutan dari penelitian tahap I, yaitu: 1. Penyusunan konsep pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 2. Penerapan pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 3. Uji efektifitas pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris; 4. Evaluasi; 5. Rumusan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris.

Populasi adalah mahasiswa semester satu jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Univ PGRI Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan, kajian pustaka, dan uji coba model pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris akan dilaksanakan di jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Univ PGRI Semarang yang dijadikan pilot project. Analisis yang digunakan adalah test untuk mencari efektifitas model pemanfaatan cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris dan descriptive qualitative analysis untuk mendapatkan gambaran tentang fenomena penelitian.

Keywords: peningkatan keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris, pemanfaatan cerita pendek


Full Text: 146-154