Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2014

Font Size: 
REALISASI TINDAK TUTUR UNGKAPAN PERMINTAAN MAAF OLEH MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DAN MAHASISWA JURUSAN NON-INGGRIS IKIP PGRI SEMARANG
Nur Hidayat, Rahmawati Sukmaningrum, Faiza Hawa

Last modified: 2015-11-04

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mencari pola/realisasi ungkapan permintaan maaf yangg diutarakan oleh mahasiwa jurusan pendidikan bahasa Inggris dan mahasiswa jurusan non-Inggris. Tendensi kemunculan dari masing-masing pola permintaan maaf yang muncul juga akan menjadi fokus dalam penelitian ini. sebanyak 80 respondent yang berasal dari jurusan pendidikan bahasa Inggris dan jurusan non-Inggris mengisi DCT (Discourse Completion Task) yang berisi 5 situasi yang berbeda, masing-masing respondent memberikan respons dengan menggunakan ungkapan permintaan maaf berdasarkan masing-masing situasi yang diberikan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permohonan maaf banyak didominasi dengan ungkapan permintaan maaf secara langsung (Dap), dengan memberikan penjelasan (Dap –E), penerimaan (acceptance) (Dap – A) dan Dap – O. Pola-pola lain yang masih berhubungan dengan pola permintaan maaf juga banyak muncul dari kedua respons yang berbeda tersebut.
Kata kunci : tindak tutur, apology

Full Text: 27-34