Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2017

Font Size: 
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI SMS GATEWAY SEBAGAI AUTO-RESPON LAYANAN INFORMASI BERBASIS STORE AND FORWARD
Fujiama Diapoldo Silalahi, Iwan Koerniawan

Last modified: 2017-11-02

Abstract


Pelayanan konsumen merupakan suatu pekerjaan rutin yang dilakukan oleh badan usaha dalam melakukan proses
penawaran dan penjualan barang. Sehingga pelayanan yang efektif dan valid kepada konsumen merupakan impian
semua perusahaan untuk menghasilkan profit yang lebih besar. Namun yang sering terjadi adalah, bagian pelayanan
informasi sebagai link utama kepada konsumen kadang kala kesulitan dalam memenuhi permintaan informasi dari
setiap konsumen. Hal ini karena berbagai macam sebab, antara lain karena data belum ter-update, tidak terintegrasinya
mengenai info promo terbaru, sulitnya menghapal spesifikasi produk yang ada, perubahan harga yang up-to-date dan
sistem pemesanan barang yang kompleks. Adanya permasalah diatas menjadi dasar bagi peneliti untuk melakukan
penelitian pemanfaatan teknologi basis data berbasis web online dan teknologi komunikasi SMS GATEWAY. Sistem
yang dibangun menawarkan pemecahan kendala dalam layanan informasi kepada konsumen dan pelanggan. Penelitian
ini dilakukan di lingkungan UD Usaha Makmur yang beralamat di Jl MT Haryono 63 Semarang Jawa Tengah.
Penelitian ini membahas bagaimana membuat sistem layanan informasi auto respon berbasis store and forward yang
efisien dan efektif pelaksanaanya.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah software sistem layanan informasi auto respon dengan SMS
GATEWAY berbasis store and forward yang valid, dan implementasinya efektif. Sedangkan tujuan jangka panjangnya
adalah adanya satu sistem layanan informasi standar yang dapat dipergunakan dan dijangkau oleh masyarakat luas.
Ruang lingkup penelitian ini adalah membahas tata cara layanan informasi auto respon yang benar dan inplementasi
SMS GATEWAY sebagai media penerima dan pengirim informasi untuk diuji keabsahannya. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian R&D Borg and Gall yang dimodifikasi dengan 6 langkah.
.
Kata Kunci: Layanan informasi, Auto Respon, SMS GATEWAY, Store and Forward

Full Text: PDF 319-328