Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL PENGABDIAN 2014

Font Size: 
Pembelajaran Sastra Melalui Model Pembelajaran Edukatif Bagi Guru SD
Harjito Harjito, Ika Septiana, Nazla Maharani Umaya, Ahmad Rifai

Last modified: 2017-04-04

Abstract


Pengembangan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan bersastra sebagai bagian dari penerapanmodel pembelajaran yang inovatif kreatif sangat diperlukan. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukanadanya pemahaman kompetensi pembelajaran, pengembangan metode sastra berdasarkan kondisi pesertadidik dan kelas. Penggunaan media dalam pembelajaran sastra berdasarkan tujuan pembelajaran dan kondisisekolah, penggunaan sumber belajar sastra yang mutakhir dan terbaru, serta penentuan strategipembelajaran berdasarkan perkembangan dan kompetensi peserta didik. Jenis luaran yang dihasilkanberdasarkan kegiatan tersebut sebagai optimalisasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru yang tergabungdalam lbM Guru SD Gugus Gajah Mada UPTD Pendidikan Kecamatan Pedunmgan yaitu dapat melakukanpembelajaran sastra dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan edukatifmelalui uji praktik.  Keywords: Pembelajaran Sastra, Model Pembelajaran Edukatif, Guru SD.

Full Text: PDF 123-125