Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL PENGABDIAN 2014

Font Size: 
Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Berbasis Penulisan Artikel Hasil PTK bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo
Suwarno Widodo, Supardi Supardi, Suyoto Suyoto, Agus Wismanto

Last modified: 2017-04-04

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat IbM ini adalah memberikan pelatihan dan
pendampingan kepada para guru anggota PGRI di kabupaten Purworejo dalam rangka meningkatkan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru pascasertifikasi berbasis publikasi ilmiah atas hasil PTK.
Metode yang digunakan ini adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, metode pelatihan, penugasan, dan
pendampingan. Pendekatan kegiatan ini meliputi lima tahapan yang dilakukan secara sistematis dan
berkesinambungan dengan tahapan: 1) tahap pertama, penyampaian materi Teknik Penyusunan Proposal
Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Penyusunan Laporan PTK, Teknik Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan
Kelas, dan Kaidah Tata Tulis Jurnal Penelitian; 2) tahap kedua, pelatihan penyusunan proposal PTK dan Laporan
PTK; pelatihan praktik penyusunan artikel hasil PTK; 3) tahap ketiga, pendampingan praktik pelaksanaan PTK di
lapangan; 4) tahap keempat, pendampingan dan pembimbingan penyusunan laporan PTK; dan 5) tahap
kelima, pendampingan praktik menyusun artikel hasil PTK siap untuk dimuat dalam jurnal penelitian. Luaran
target yang dihasilkan adalah para guru: 1) termotivasi dan mau melakukan pengembangan inovasi
pembelajaran di sekolah melalui PTK dan 2) membuat artikel hasil PTK yang siap untuk dimuat Jurnal
Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Wawasan Pendidikan ber-ISSN 2354-5739 terbitan pertama Volume 1
Nomor 1 November 2013.
Keywords: penelitian tindakan kelas, publikasi ilmiah, artikel.

Full Text: PDF 101-107