Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL PENGABDIAN 2014

Font Size: 
IbM PKK Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Semarang (Penyuluhan Peningkatan Keterampilan Berbahasa: Membaca yang Menarik, Menyenangkan, dan Mendidik sebagai Implementasi POSDAYA)
Harjito Harjito, Ika Septiana, Nazla Maharani U., Ahmad Ripai, Sri Wijayanti

Last modified: 2017-03-30

Abstract


Pendidikan pertama kali diterima anak di lingkungan keluarga. Sebagian besar waktu anak dihabiskandi keluarga sehingga peran orang tua sangat mendukung dalam upaya peningkatan kota layak anak denganpemberdayaan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Orang tua dapat mendampingi anak memilih bahanbacaan. Anak gemar membaca jika orang tua memahami bacaan apa yang cocok untuk perkembangan anak.Tidak semua bahan bacaan yang ada di masyarakat dapat dinikmati semua usia anak. Perhatian orang tuasangat membantu keterampilan berbahasa anak dalam kegiatan membaca. Karena disadari selama ini orangtua kurang memperhatikan bahan bacaan anak ataupun isi buku yang dibaca anak yang pada dasarnya dapatmempengaruhi perkembangan anak. Setelah mengikuti penyuluhan orang tua memahami dan tahu apa yangakan dilakukan selanjutnya yang kaitannya mengenai bahan bacaan dan bagaimana membacakan cerita ataudongeng ke anak. Keywords: keterampilan berbahasa, membaca, POSDAYA

Full Text: PDF 67-71