Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Analisis Kemampuan Verbal Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Pembelajaran Biologi Materi Echinodermata
Selvira Windarti Wibowo, Eny Hartadiyati Wasikin Haryanti

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan ketergantungan kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis dan mengetahui pengaruh dan ketergantungan kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran biologi materi echinodermata. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018 di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis ex-post facto dengan rancangan korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1, 2, dan 4 SMA Negeri 1 Bojong tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 100 siswa dengan menggunakan teknik custome random sampling. Pengumpulan data diambil menggunakan tes soal kemampuan verbal, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan angket. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis korelasi sederhana dan regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada pengaruh korelasi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis sangat lemah sebesar (-0,065) dan (-0,070) hasil dari analisis regresi yang diperoleh persamaan regresi Y = 68.715+(-0,070) X. Hasil analisis korelasi kemampuan verbal terhadap berpikir kreatif yaitu 0,235 dan hasil regresi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpokir kreatif yaitu 0,359 sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 40.671+0,359X. Hasil dari kedua analisis korelasi dan regresi kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kreatif tersebut termasuk kedalam kriteria lemah.

 

Kata Kunci : Kemampuan Verbal, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif


Full Text: PDF