Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Berbantukan Permainan Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Jepon Blora
Muhammad Nailul Ulum, Endah Rita Sulistya Dewi, Atip Nurwahyunani

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Masih ada siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran khususnya pada materi Pencemaran Lingkungan, hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jepon Blora. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jepon Blora. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen, dan VII B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa 30 siswa. Penelitian dilakukan dengan desain eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian  diperoleh minat belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh  rata-rata minat siswa adalah 31,368 dengan kriteria tinggi. Sedangkan minat belajar pada kelas kontrol diperoleh rata-rata minat belajar siswa adalah 24,882 dengan kriteria sedang.  Pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 72,833 dan post test 83, sedangkan pada kelas kontrol pre test diperoleh 71,833 dan post test 75,44. Hal ini  berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model Two stay two stray dengan permainan Index Card Match berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi  pencemaran lingkunga dilihat dari hasil perhitungan uji ti menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,8366 > 1,675 maka Ho ditolak, hal ini berarti adanya pengaruh pembelajaran  dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan permainan Index Card Match terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas VII MTs N 1 Jepon Blora. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dengan permainan Index Card Match terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas VII MTs N 1 Jepon Blora.

Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar, Two Stay Two Stray, Index Card Match.

Full Text: PDF