Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed dan Connected melalui LSLC terhadap Berpikir Kritis Siswa
Evita Andina Sari, Eko Retno Mulyaningrum

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dan connected pada materi sistem pernapasan manusia dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di SMP N 11 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix-method dengan tipe desain yang digunakan adalah sekuensial eksplanatoris. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan uji N-gain kenaikan nilai pre dan post test berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen mampu meningkatkan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t kenaikan nilai pre dan post test berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,188>2,024. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran IPA terpadu tipe webbed dan connected melalui LSLC terhadap berpikir kritis siswa materi sistem pernapasan manusia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dan connected dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed lebih baik digunakan di SMP N 11 Semarang pada materi sistem pernapasan manusia karena kenaikan nilai berpikir kritis siswa lebih tinggi dibandingkan tipe connected.

Kata kunci: IPA Terpadu, berpikir kritis, LSLC.

Full Text: PDF