Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Berbantu Media Mobile Learning Berbasis Android
Setyo Haryono

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus pembelajaran yang dilaksanakan SMA N 16 Semarang dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X melalui model pembelajaran kooperatif make a match berbantu media mobile learning berbasis android. Selama penelitian berlangsung, peneliti bertindak sebagai guru kelas, dan selama kegiatan pengamatan, peneliti dibantu oleh rekan-rekan sejawat. Pengumpulan data dilapangan menggunakan pengadaan tes. Analisis data secara kuantitatif diperlukan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian hasil penelitian pada 36 siswa di kelas X MIPA 3 diperoleh data rata-rata nilai pada siklus I awal 64.86  dengan kriteria cukup, dimana masih terdapat 15 (41.67%) siswa tidak tuntas. Pada siklus II menjadi 75.44 dengan kreteria baik, dimana jumah tidak tuntas 2 (5.56%).  Kriteria nilai baik pada siklus I: 36%, menjadi 75% pada siklus II. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  Model Pembelajaran Kooperatif  Make A Match Berbantu Media Mobile Learning Berbasis Android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA N 16 Semarang.

Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, make a match, mobile learning, hasil belajar


Full Text: PDF