Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Mindmapping Berbasis Flash pada Siswa Kelas IV SD Di Semarang Utara
Illuminata Rheny Arum Permatasari, Siska Adinda Prabowo Putri

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Pembelajaran interaktif merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Strategi pembelajaran yang interaktif dan menarik sangat menentukan hasil belajar siswa di dalam kelas. Penerapan pembelajaran yang cenderung masih konvensional menyebabkan prestasi belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan kemampuan belajar siswa SD khususnya di kelas IV melalui media pembelajaran Mind Mapping yang berbasis FLASH. Sampel yang digunakan adalah siswa SD Kelas IV di Semarang Utara dengan jumlah 171 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dengan guru dan siswa, tes serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan Paired t-test dan Oneway Anova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan Mind Mapping berbasis FLASH dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar khususnya IPA di kelas IV SD dengan sig. 0,001 ( p < 0,01 ) dimana nilai µ2 = 7,24 dan µ1 = 6,33 selain itu dari 7 Sekolah Dasar di Semarang Utara kesemuanya menunjukkan peningkatan yang signifikan yang ditunjukkan dari nilai F = 2,875 (p < 5%)

Kata kunci : Prestasi Belajar, Mind Mapping, FLASH


Full Text: PDF