Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018

Font Size: 
Strategi Sudewa Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA
. Sumi

Last modified: 2018-11-07

Abstract


Latar belakangnya adalah adanya masalah mendasar yang dihadapi guru Biologi ketika membelajarkan materi Lingkungan, yaitu: (i) Bagaimana menerapkan pembelajaran dengan strategi Sudewa?” (ii) Bagaimana menerapkan strategi Sudewa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya (iii) Bagaimana perubahan perilaku dengan penerapan strategi Sudewa dalam pembelajaran? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X.7 SMA N 1 Gringsing Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Tahapan tindakan: planning , action , observing dan reflection. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan untuk (1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar  20,55 % (2) Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I dan siklus II ; (a) Rata-rata Nilai Tugas Terstruktur mengalami kenaikan sebesar 9,83 % (b) Rata-rata Nilai Tugas Mandiri mengalami kenaikan sebesar 3,60 %. Nilai rata-ratanya jauh di atas nilai KKM termasuk sangat baik, (c) Rata-rata Kinerja Individu mengalami kenaikan sebesar 27,05 % masuk kategori kriteria kenaikan baik sekali, (5) Rata-rata Nilai Ulangan Harian mengalami kenaikan sebesar 18,57 %, (6) Rata-rata Nilai Akhir mengalami kenaikan sebesar 11,53 %. (3) Terjadi perubahan perilaku menjadi siswa yang bersemangat melakukan survey, melakukan diskusi dan mengkomunikasikan hasil temuan, melakukan desain lingkungan yang sustainable serta dapat melakukan waste management dengan daur ulang limbah, mengubah sampah menjadi produk yang bermanfaat.Adapun saran  dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi  survey, design and waste management (SuDeWa) sebaiknya dibentuk kelompok kerja siswa yang bersifat heterogen.

 

Kata Kunci : Surveys, Design, Waste Management

 


Full Text: PDF