Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Penerapan E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Yossy Dewi Purnama Aisiyah, Endah Rita Sulistya Dewi, Praptining Rahayu

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perkembangan di segala bidang. Tuntutan global pada dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terhadap peningkatan mutu pendidikan, terutama penggunaan teknologi informasi bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan e-learning berbasis edmodo dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan e-learning berbasis edmodo kelas XI MIPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 4 sejumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sejumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian posttest only, non-equivalent control group design. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yang ditunjukan dengan nilai sig. uji t-test yaitu 0,00  dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis data juga menunjukan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol tergolong sedang sedangkan  pada kelas eksperimen peningkatan hasil belajar siswa tergolong tinggi. Pada motivasi belajar siswa ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, terdapat perbedaan rata-rata angket motivasi belajar siswa, rata – rata angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan e-learning berbasis edmodo mampu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : e-learning, edmodo, motivasi, hasil belajar

Full Text: PDF