Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Program Peningkatan Kemampuan Kosakata dalam Bercerita melalui Metode Pembelajaran Interaktif dengan Media Kartu “Cerdas” (Cerita dalam Sekolah) pada Anak – Anak TK A di Semarang Tengah
Alice Zellawati, Siska Adinda Prabowo Putri

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Salah satu tujuan utama adanya pendidikan pra sekolah adalah untuk mengembangkan potensi anak baik psikis maupun fisik dalam memasuki pendidikan sekolah. Mengembangkan kemampuan kosakata pada anak-anak pra sekolah merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat menentukan bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan kemampuan kosakata pada anak usia dini melalui model pembelajaran interaktif dengan media kartu CERDAS. Penelitian akan dilaksanakan di 20 TK di Semarang Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest, posttest, observasi, interview dengan guru dan orang tua siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan kosakata anak TK A melalui media pembelajaran kartu CERDAS dalam mengembangkan kemampuan berbahasanya.

Kata kunci : kosakata, anak usia dini, media kartu CERDAS

Full Text: PDF