Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Model Pembelajaran Karakter Untuk SDLB C (Tuna Grahita) Berbasis Game Interaktif
Alexander Dharmawan, Ana Wahyuni, Alice Zellawati

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Pentingnya pendidikan karakter sebagai dasar pembelajaran memberikan masukan positif bagi kemajuan bangsa. Demikian pula untuk siswa Sekolah Dasar Luar Biasa untuk tunagrahita/ retardasi mental (SDLB C), juga membutuhkan pendidikan karakter dengan pelayanan yang khusus. Siswa SDLB C merupakan siswa yang relatif mampu didik sesuai tingkat IQ-nya. Salah satu pelayanan yang dibutuhkan mereka adalah model pembelajaran karakter berbasis game interaktif. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana membuat model pendidikan karakter pada anak tuna grahita melalui media game interaktif sehingga memberikan dampak karakter yang signifikan. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan kecakapan perilaku hidup anak tuna grahita melalui model pembelajaran karakter berbasis game interaktif. Penelitian dilaksanakan di 8 SDLB kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R and D). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview mendalam dan terstruktur dengan guru dan orang tua siswa dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran karakter berbasis game interaktif .

 

Kata kunci : tuna grahita, kecakapan perilaku hidup, pembelajaran karakter, game interaktif.

Full Text: PDF