Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Model Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kontekstual sebagai Upaya Revitalisasi Nasionalisme
Yani Prihati, Sinta Tridian Galih, Tri Karyanti

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Korupsi merupakan masalah krusial yang harus dicegah dan diberantas. Dunia pendidikan sangat penting untuk dilibatkan dalam pemberantasan korupsi dalam upaya membangun mental anti korupsi di kalangan generasi muda. Melalui kegiatan akademik pendidikan anti korupsi bisa disajikan pada mata kuliah tertentu yang berkaitan dengan pengembangan mental kepribadian bangsa Indonesia misalnya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di mana salah satu capaian pembelajarannya adalah mengembangkan rasa nasionalisme termasuk di dalamnya adalah perilaku anti korupsi.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang model pembelajaran pendidikan anti korupsi dengan pendekatan kontekstual, merancang dan membuat media pembelajaran pendidikan anti korupsi berbasis multimedia, dan mengintegrasikan model pembelajaran pendidikan anti korupsi berbasis multimedia dengan pendekatan kontekstual sebagai upaya revitalisasi nasionalisme pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan merupakan penggabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Dari survei yang dilakukan diperoleh data bahwa di sebagian besar perguruan tinggi, materi pendidikan anti korupsi disajikan sebagai sisipan di matakuliah Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hal ini, model pembelajaran ini dikembangkan dengan memuat empat materi pokok yaitu (i) pengertian dan batasan korupsi, (ii) jenis perbuatan dan atau perilaku korupsi, (iii) dampak korupsi dan (iv) pengembangan nilai-nilai anti korupsi. Agar proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan maka dalam media ini terdapat game, kuis, bahan diskusi dan roleplay berupa video. Model pembelajaran ini telah dinilai oleh pengguna dalam hal ini adalah pengajar matakuliah pendidikan anti korupsi di beberapa program studi dan hasilnya menunjukkan bahwa model ini dapat digunakan dengan baik.

Kata kunci: kontekstual, MedPAK, model pembelajaran anti korupsi

Full Text: PDF