Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Efektivitas Pendekatan Bioentrepreneurship terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Lesson Study Berorientasi Learning Community
Rizal Kurniawan, Praptining Rahayu

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan bioentrepreneurship terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui lesson study berorientasi learning community (LSLC) di kelas X SMA Negeri 3 Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design yang berbentuk nonequivalent control group design, dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada analisis hasil belajar kognitif di uji menggunakan program SPSS menggunakan uji t paired sample test dan uji t independent sample test. Pada uji t paired sample test digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata dari masing-masing kelas. Pada kelas eksperimen hasil sig.(2-tailed)0,000<0,05. Berarti pada kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata. Pada uji t independent sample test digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen. Pada postest didapatkan hasil sig.(2-tailed)0,000<0,05 berarti ada perbedaan rata-rata pada postest dikelas kontrol dan eksperimen. Artinya pendekatan bioentrepreneurship melalui lesson study berorientasi learning community efektif terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Bioentrepreneurship, Hasil Belajar Kognitif, dan LSLC.

Full Text: PDF