Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Pengaruh Model Pembelajaran Adi (Argument Driven Inquiry) terhadap Berfikir Kritis Siswa SMA Kelas X
. Fitriyaningsih, Fenny Roshayanti, Rivanna Citraning Rachmawati

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Rendahnya Aktivitas belajar dan berpikir kritis pengetahuan siswa siswa pada mata pelajaran Biologi, khususnya pada pokok pembahasan pencemaran lingkungan karena siswa kurang diajak untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADI Argument Driven Inquiry dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap berfikir kritis dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhamadiyah Gubug pada bulan Mei 2017. Dari tiga kelas dipilih kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol sedangkan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design denga disain penelitian None-quivalent Group pretest-posttest. Teknik pengambilan sample Cluster Random Sampling. Pengumpulan data mengguanakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Berdasarkan hasil uji t Berpikir Kritis diperoleh = 3,622 dan = 1,68. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa >  jadi Ha diteriman. Hal ini dapat diartikan bahwa kamapuan Berpikir kritis belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol ada perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan kemapuan Berpikir kritis belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen mengguanakan model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) di SMA Muhamadiyah Gubug.

Kata Kunci : Model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry), Berpikir   kritis

Full Text: PDF