Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Identifikasi Keterlaksanaan Praktikum Fisika SMA dan Pembekalan Keterampilan Abad 21
Desy Hanisa Putri, Eko Risdianto, . Sutarno

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi persepsi guru fisika terhadap keterlaksanaan praktikum dan pembekalan keterampilan abad 21 melalui kegiatan praktikum fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian deskriptif ini melibatkan 25 guru fisika yang berasal dari 25 SMA yang tersebar di wilayah Propinsi Bengkulu. Persepsi guru dieksplorasi menggunakan lembar kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa daya dukung praktikum fisika yang dimiliki sekolah berada pada kategori cukup, keterlaksanaan praktikum berada pada kategori kurang, guru mengalami banyak hambatan dan tantangan dalam menyelenggarakan praktikum, model praktikum yang dominan adalah model konvensional, pemanfaatan teknologi komputer pada praktikum fisika berada pada kategori cukup, dan pembekalan keterampilan abad 21 melalui praktikum fisika berada pada kategori cukup. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan sebagai dasar bagi pentingnya pengembangan model praktikum fisika yang selain dapat diterapkan secara efektif dan efisien, juga harus berorientasi pada pengembangan keterampilan abad 21 siswa.

 

Kata Kunci: Persepsi guru fisika, Praktikum fisika, Keterampilan abad 21


Full Text: PDF