Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Role Approach pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Siswa Berbasis Lslc
. Widiana, Eko Retno Mulyaningrum, Rivanna Citraning Rachmawati

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry role approach pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa berbasis lesson study for learning community (LSLC). Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Experimental design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 16 Semarang. Instrumen pengambil data penelitian terdiri atas tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis uji-t independent simple test dengan menggunakan program SPSS pada pertemuan pertama keterampilan pemecahan masalah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.031<0.05 sedangkan pada pertemuan kedua keterampilan pemecahan masalah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.006<0.05. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji-t independent simple test motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.015<0.05. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry role approach pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa berbasis lslc siswa SMA N 16 Semarang.

Kata kunci : inquiry role approach, lesson study for learning community, keterampilan pemecahan masalah, motivasi belajar.

Full Text: PDF