Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTREPRENEURSHIP IV TAHUN 2017

Font Size: 
Implementasi Green Living Berbasis Scientific Inquiry pada Pembelajaran IPA terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa
Raras Setyo Retno, Wachidatul Linda Yuhana

Last modified: 2017-10-25

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh mahasiswa terhadap pemahaman konsep dengan menerapkan green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA dengan tema green living menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Pembelajaran IPA dengan tema green living dalam unit ini terkait dengan materi pembelajaran yang ada di sekolah dasar. Pemahaman konsep IPA diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap sikap ilmiah dan kinerja ilmiah mahasiswa untuk pembelajaran IPA SD. Pada penelitian tindakan kelas ini, teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilakukan dengan analisis interaktif. Data yang dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep mahasiswa berbasis scientific inquiry pada materi green living ada peningkatan siklus I ke siklus II yaitu nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 30% dan pada siklus II meningkat 90% artinya ada peningkatan sebesar 60%.

 

Kata kunci : green living, scientific inquiry, pemahaman konsep IPA

Full Text: PDF