Last modified: 2017-10-20
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa calon guru biologi yang proses pembelajarannya menggunakan e-learning dan blended learning pada konsep Sistem Pencernaaan Makanan. Metode penelitian ini adalah metode komparatif yang menggunakan rancangan posttest control group design dengan populasi seluruh mahasiswa Semester I Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UNSIL dengan Sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas 1A sebanyak 30 orang dan kelas 1C sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest untuk memperoleh data kemampuan akhir hasil belajar. teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5% menggunakan SPSS 21 for Windows. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,690>0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho diterima artinya tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran e-learning dan blended learning.
Kata kunci : e-learning, blended learning, hasil belajar