Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Kualitas Argumentasi Mahasiswa Calon Guru pada Diskusi Pengembangan Kurikulum IPA
Azizul Ghofar Candra Wicaksono

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas argumentasi pada diskusi secara offline dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan materi dan penentuan sumber belajar. Penilaian kualitas argumentasi  dilakukan terhadap mahasiswa tahun kedua yang memprogram perkuliahan pengembangan kurikulum IPA. Metode penelitian bersifat eksperimen. Kelompok eksperimen melaksanakan  perkuliahan dengan model blended learning . Aktifitas utama pembelajaran adalah diskusi argumentasi secara online dengan menggunakan LMS  Arguweb, dan diskusi offline yang dilaksanakan pada perkuliahan secara konvensional. Kelompok kontrol  melaksanakan perkuliahan secara konvensional dengan aktifitas utama diksusi argumentasi secara offline. Hasil analisis terhadap kualitas argumentasi menunjukkan terdapat perbedaan kualitas argumentasi mahasiswa pada kelompok kelas blended learning dengan kelas konvensional. Intervensi diskusi online dengan fasilitas LMS Argueweb berimplikasi terhadap kualitas argumentasi.

 

Kata kunci : kualitas argumentasi, blended learning, LMS Argueweb

Full Text: PDF