Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Reorientasi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan CTL Berbantu LKS terhadap Kognitif Siswa
Febriani Ekawati

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang masih konvensional yang menyebabkan rendahnya nilai kognitif siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Reorientasi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan CTL terhadap aspek kognitif siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang dengan subyek penelitian kelas IVA sebagai kelas Kontrol dan IVB sebagai Kelas Eksperimen. Hasil analisis data mwenunjukkan bahwa pada aspek kognitif kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 78,82 lebih dari kelompok kontrol yang diperoeh rata-rata sebesar 69,74. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung > ttabel yaitu 3,7 > 1,675 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini yaitu Reorientasi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan CTL berbantu LKS pada Materi Energi Panas dan Energi Bunyi berpengaruh signifikan terhadap kognitif siswa.

 

Kata kunci: kognitif siswa, Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), LKS

Full Text: PDF