Seminar Universitas PGRI Semarang, SNSE III 2016

Font Size: 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati dengan Memanfaatkan Lingkungan Pesisir Rembang sebagai Sumber Belajar
. Sukarmi

Last modified: 2016-09-28

Abstract


Lingkungan Pesisir Rembang sangat beranekaragam, dan berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan perangkat pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan lingkungan Pesisir Rembang sebagai sumber belajar, (2) menganalisis validitas, efektivitas, dan kepraktisan perangkat pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan memanfaatkan lingkungan Pesisir Rembang sebagai sumber belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini adalah Dosen, Guru, peserta didik, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji deskriptif presentase sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran lingkungan pesisir Rembang dikatakan valid oleh tiga validator.  RPP dinilai dengan kriteria baik; silabus, LKS dan bahan ajar dinilai sangat baik. Perangkat pembelajaran efektif terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik, serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Lingkungan Pesisir Rembang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi keanekaragaman hayati, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati.

 

Kata kunci : Lingkungan Pesisir Rembang , Keanekaragaman Hayati, Pengembangan, Sumber Belajar

Full Text: PDF