Last modified: 2016-09-28
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan specimen asli yang dibuat herbarium akan membantu siswa, mempermudah siswa memahami dan menyesuaikan dengan teori yang ada. Herbarium merupakan salah satu sumber pembelajaran yang penting dalam ilmu biologi tumbuhan, karena menggunakan specimen asli yang diawetkan. Wayang herbarium dibuat berdasarkan inovasi dari herbarium yang dimodifikasi dengan kesenian wayang. Kompetensi yang diharapkan dapat dicapai siswa dalam belajar klasifikasi tumbuhan dengan wayang herbarium sebagai media pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu afektif, kognitif, psikomotorik. Wayang herbarium juga dilengkapi dengan data - data tentang sampel tumbuhan yang diawetkan, baik data taksonomi, morfologi, ekologi, maupun geografinya. Sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam mempelajariklasifikasi tumbuhan. Modifikasi wayang dan herbarium sebagai media pembelajaran bertujuan meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan siswa mempelajari klasifikasi tumbuhan.
Kata kunci : Wayang Herbarium, Klasifikasi Tumbuhan