Seminar Universitas PGRI Semarang, Science and Engineering National Seminar 3 (SENS 3)

Font Size: 
ANALISIS PENGARUH PENGGANTIAN CONTROL UNIT ENGINE TERHADAP PERFORMANSI ENGINE MERCEDES-BENS OM 501 LA
Puji Saksono, Gunawan Gunawan, Dede Hamzah

Last modified: 2017-09-14

Abstract


Engine Diesel alat berat yang dioperasikan pada perusahaan pertambangan salah satunya harus mempunyaiperformansi yang maksimal dengan dikembangkannya berbagai perubahan teknologi dan modifikasi. Salah satumodifikasi yang dilakukan yaitu dengan penggantian unit control unit engine yang disesuaikan dengan kondisi engineserta lokasi pertambangan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar nilai performansi darimodifikasi unit control unit engine Mercedes-Benz OM 501 LA. Modifikasi yang dilakukan yaitu denganmenggunakan control unit engine 541 925 sebagai pengganti dari 541 923. Pengujian dilakukan denganmenggunakan Power Test Dinamometer (Dynotest) type PTI PTX Dinamometer System 50x02. Adapun tempatpenelitian di PT. Alun Nusantara (Alun Reman Centre) Balikpapan. Hasil pengujian dengan menggunakan controlunit engine 541 925 mengalami peningkatan performansi dibanding dengan 541 923 yaitu untuk peningkatan torsimaksimum sebesar 143 Nm (8,056%) pada putaran engine 1677 rpm dari sebelumnya 1608 rpm; dan peningkatandaya maksimum sebesar 38 kW (12,67%) pada putaran engine 1690 rpm dari sebelumnya 1630 rpm.

Kata kunci: Control unit engine, dynotest, performansi engine.


Full Text: PDF