Seminar Universitas PGRI Semarang, Science and Engineering National Seminar 3 (SENS 3)

Font Size: 
EVALUASI KUALITAS WEB E-COMMERCE INDONESIA OLEH UMKM BATIK KOTA PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP
Era Yunianto, Ign. F. Bayu Andoro S.

Last modified: 2017-08-24

Abstract


Kota Pekalongan merupakan kota penghasil batik yang terkenal. Adopsi teknologi informasi dalam pemasaran produk batik merupakan salah satu usaha dalam memperluas akses pasar. e-commerce (electronik commerce) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh UMKM batik dalam memasarkan produknya. Adopsi e-commerce memberikan manfaat yang besar bagi pelaku usaha. Pelaku usaha yang berpengalaman menggunakan e-commerce  mulai menyadari bahwa penentu utama keberhasilan bukan hanya website dan harga barang yang rendah melainkan kualitas website e-commerce yang baik. Terjadi kesulitan pengukuran kualitas web dengan banyak kriteria bersifat subjektif, sehingga diperlukan metode yang memperhatikan kriteria bersifat subjektif. Metode yang sering digunakan adalah fuzzy AHP (Analytic Hierarchy Process). Penelitian ini akan melakukan evaluasi kualitas web e-commerce Indonesia oleh UMKM Batik Pekalongan menggunakan metode Fuzzy AHP. Web e-commerce yang dievaluasi merupakan peringkat tiga besar alexa rank kategori e-commerce Indonesia. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan pada UMKM batik Pekalongan. Dari hasil penelitian, kriteria kualitas web e-commerce antara lain : kualitas pelayanan (bobot 30.4%), kualitas sistem (bobot 21.7%), kualitas informasi (bobot 25.7%) dan kualitas vendor (bobot 22.2%). Dari hasil perangkingan, tokopedia (46.7%) menduduki peringkat teratas disusul oleh bukalapak (33.0%) dan lazada (20.2%). Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi UMKM Batik Pekalongan dalam pemilihan website e-commerce yang berkualitas dalam memasarkan batik secara online.

 

Kata Kunci: Fuzzy AHP, kualitas e-commerce Indonesia


Full Text: part 1  |  part 2