Seminar Universitas PGRI Semarang, sens2

Font Size: 
PERANAN E-SERVICE QUALITY PADA BISNIS PARIWISATA KREATIF BERBASIS KARAKTERISTIK WILAYAH DAN BUDAYA (Studi Empiris di Kota Surakarta Indonesia)
Riyanto Riyanto, Irwan Christanto Edy

Last modified: 2016-10-22

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor dan dampak dari penerapan e-service quality dalam bisnis pariwisata kreatif di kota Surakarta. Penelitian ini tepat untuk diterapkan di kota Surakarta yang memiliki karakteristik wilayah sebagai “Kota Budaya” karena memiliki potensi warisan budaya yang beragam. Kegiatan penelitian ini dilakukan melalui tahapan: (1)surve awal, (2)penyusunan intrumen, pengumpulan data, (3) analisis deskriptif, dan (4) analisa data dengan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)Pengujian model, Goodness of fit sebesar 0,527 (R-Square), hal ini menunjukan bahwa karakteristik wilayah memberi pengaruh terhadap bisnis pariwisata dengan  sarana prasarana dan sistem informasi sebagai moderasi efek sebesar 52,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain tidak diteliti, (2) karakteristik wilayah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap bisnis pariwisata, (3) indikator karakteristik wilayah yang memiliki nilai validitas tertinggi yaitu pemerintahan, pendidikan, keberagaman masyarakat (budaya) artinya ketiga faktor tersebut yang dominan mempengaruhi bisnis pariwisata di Surakarta. Temuan konseptual model bisnis pariwisata (novelty) di Surakarta ditentukan oleh 3 hal yaitu (1)Branding, (2) Inovasi, (3)Sistem informasi (SI) berbasis e-service quality. Model bisnis pariwisata tersebut  menunjukan bahwa karakteristik wilayah akan berdampak pada bisnis pariwisata melalui branding dan inovasi, serta dukungan dari  kualitas layanan (e-service quality) informasi pada semua pihak

Full Text: PDF