Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BEST PRACTICES DI SD NEGERI PENDRIKAN LOR 01 SEMARANG TENGAH
Anggi Sundari Putri, Supandi Supandi, Husni Wakhyudin

Last modified: 2018-12-01

Abstract


Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah proses pembiasaan yang panjang yang dilakukan sejak usia dini untuk memperkuat karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan best practice dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Pendrikan Lor 1 Semarang Tengah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan best practice dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Pendrikan Lor 1 Semarang Tengah. Sedangkan tujuan dari penelitianini adalah bagaimana penerapan best practice dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif naratif sedangkan metode pengumpulan subjek dalam penelitian ini menggunaka pengumpulan data. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode kualitatif pada umumnya meliputi: pengumpulan data, analsisi data, interprestasi data, pengamatan, serta diakhiri dengan kesimpulan yang didasarkan pada penganalisisan data tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah di formulasikan dengan kegiatan pembiasaan karakter pagi hari selama 35 menit sebelum pembelajaran berlangsung. Best practices SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah adalah Pembiasaan karakter pagi dimana memuat nilai-nilai karakter. Sedangkan penerapan karakter pada pembelajaran dilakukan dengan pembiasaan pemberian kata-kata  motivasi yang mendidik oleh guru kepada peserta didik. Para guru sepenuhnya sudah menerapkan pendidikan karakter yang disesuaikan dengan silabus dan RPP, dan bahan ajarnya. Adapun hambatan yang muncul adalalah hambatan yang sebelum di biasakannya pembiasaan karakter pagi antara lain: (1) kurangnya partisipasi orang tua dalam mengawasi anak di dunia pendidikan;  (2) peran keluarga dan lingkungan teman bermain yang kurang kondusif.

Kata Kunci :Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Best Practices


Abstract: Strengthening Character Education is a long process of habituation that is done from an early age to strengthen the character of the nation. This study aims to find out how the application of best practice in strengthening character education in SD Negeri Pendrikan Lor 1 Semarang Tengah.The problem in this research is how to apply best practice in strengthening character education in SD Negeri Pendrikan Lor 1 Semarang Tengah. While the purpose of this research is how the application of best practice in strengthening character education in SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah. This type of research is qualitative with narrative descriptive method while the subject collection method in this study using data collection. The data in this study were obtained from interviews, questionnaires, observations and documentation which were then analyzed by qualitative methods generally include: data collection, data analysis, data interpretation, observation, and ending with conclusions based on analyzing the data.The result of this research can be concluded that: Implementation of character education strengthening in SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah is formulated with habitual character habituation activity for 35 minutes before learning takes place. Best practices SD Negeri Pendrikan Lor 01 Semarang Tengah is habituation of the morning character which contains character values. While the application of character on learning is done by habituation of words of motivation that educate by the teacher to the learners. The teachers have fully implemented character education tailored to the syllabus and RPP, and the teaching materials. The obstacles that arise are the obstacles that before the habit of habituating the morning character, among others: (1) lack of parental participation in supervising children in education; (2) the role of the family and the environment of playmates who are less conducive

Keywords: Implementation, Strengthening the Character Education, Best Practices


Full Text: PDF