Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL TGT BERBANTU MEDIA MONOPOLI SAINS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA KONSEP GAYA
Miawan Saraswati

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Tujuan penelitian iniuntukmengetahuipengaruh model TGT berbantu media monopolisainterpaduuntukmeningkatkanminat dan hasilbelajar IPA siswakelas IV pada konsepgaya SDN Kepandean 03 Tegal. Metode yang digunakanyaitu Quasi Eksperimenjenis Pretest-Postest Control Group Design denganbantuan program SPSS versi 16.0 for windows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : 1) rata-rata minat belajar kelas eksperimen sebesar 80  sedangkan kelas kontrolsebesar 75. 2) Hasil belajarsiswa pada ranah kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 88 nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,20 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada  perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara pembelajaran melalui penggunaan model TGT berbantu media monopolisainsterpadudengankonvensional pada konsep gaya kelas IV SDN Kepandean 03 Tegal. Hal iniberartipenerapan model TGT berbantu media monopolisainsterpadu berpengaruh untuk meningkatkanminatdan  hasil belajar IPA siswa kelas IV pada konsepgaya SDN Kepandean 03 Tegal.

Kata kunci: TGT, Teams Game Tournament, monopoli, minatbelajar, hasilbelajar, IPA, Konsep Gaya

Abstract:The purpose of this study is to determine the influence of TGT model assisted monopoly media of integrated science to increase interest and result of science learning class IV on concept of energy SDN Kepandean 03 Tegal. The method used is Quasi Eksperimentype Pretest-Postest Control Group Design with the help of SPSS program version 16.0 for windows. The result of the research shows that: 1) the average of experiment class learning interest is 80 while the control class is 75. 2) The students' the cognitive domain of the experimental class obtained an average value of 88 values ​​of the average control class of 70. Based on the results of hypothesis testing obtained a significant value of 0.20> 0.05 so it can be concluded that there are differences in interest and student learning outcomes between learning through the use the TGT model aided the conventional monopoly media of conventional science on the concept of energy class IV style SDN Kepandean 03 Tegal. This means that the application of TGT model assisted by the monopoly media of integrated science has an effect to increase the interest and the result of science learning of class IV on the concept of  energy SDN Kepandean 03 Tegal.


Full Text: PDF