Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH STRATEGI PRP BERBANTU MEDIA AV TERHADAP HASIL BELAJAR SBK KELAS IV SDN 02 SARWODADI
Ajrih Nar Pawestri

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar SBK yang masih rendah atau di bawah rata-rata pada siswa kelas IV SDN 02 Sarwodadi Kec. Comal Kab. Pemalang. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Serta kurangnya variasi dalam pembelajaran berupa metode, strategi, serta media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dari penelitian yang dilakukan, serta tujuannya mengetahui pengaruh dari adanya penelitian tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN 02 Sarwodadi tahun pelajaran 2017/ 2018 berjumlah 35 orang teknik Non Probabiliy Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh, dari hasil uji regresi diperoleh pengaruh afektif (sikap) siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 76%. Dapat disimpulkan ada pengaruh strategi PRP berbantu media audio visual terhadap hasil belajar materi bermain alat musik melodi mata pelajaran Seni Budaya & Keterampilan Kelas IV SDN 02 Sarwodadi. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan strategi PRP berbantu media audio visual dapat mendorong munculnya inovasi dan kreatifitas Guru dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi pembelajaran, sehingga dapat memperbaiki hasil belajar siswa.

Kata Kunci: StrategiPRP, Media Audio Visual, Hasil Belajar.

 

Abstrak : This research is motivated by SBK learning outcomes that are still low or below average in grade 4 students SDN 02 Sarwodadi Kec. Comal Kab. Pemalang. This is due to the teacher-centered learning that leads to a lack of student participation in learning. And the lack of variation in learning in the form of methods, strategies, and media. The formulation of the problem in this research is whether there is influence of research conducted, as well as its purpose to know the influence of the existence of such research. This type of research is quantitative research with Pre-Experimental Design Design form of One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study all students of class IV SDN 02 Sarwodadi 2017/2018 year class amounted to 35 people Non Probabiliy Sampling technique which is a type of saturated sampling. Data obtained through observation, interviews, tests, and documentation. Based on the results of data analysis showed that the influence, from the results of regression tests obtained affective influence (attitude) students on student learning outcomes of 76%. It can be concluded that there is an influence of PRP strategy assisted by audio visual media to the learning result of playing material of musical instrument of Melody of Art & Culture subjects of Class IV SDN 02 Sarwodadi. Suggestions that can be submitted are expected with PRP strategies assisted audio visual media can encourage the emergence of innovation and creativity of teachers in creating and developing learning innovation, so as to improve student learning outcomes.

Keywords: Strategy of PRP, Audio Visual Media, Learning Outcomes.


Full Text: PDF