Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
INTEGRASI PENDIDIKAN INKLUSI PADA PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SEKOLAH DASAR (SD)PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017
Mulida Hadrina Harjanti

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pelatihan kurikulum 2013 bagi guru SD yang mengintegrasikan pendidikan inklusi, dan menganalisis hasil implementasi integrasi pendidikan inklusi pascapelatihan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan pembahasan dalam makalah ini pertama, strategi yang dilakukan untuk pendidikan inklusi yaitu melalui integrasi ke beberapa materi pelatihan kurikulum 2013. Sedangkan materi-materi yang diintegrasikan dengan pendidikan inklusi tersebut antara lain: 1) kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum; 2) penguatan pendidikan karakter; 3) Praktik analisis kompetensi, materi pembelajaran, pembelajaran, dan penilaian (tematik terpadu); 4) bimbingan psiko-edukatif; 5) merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 6) praktik penyusunan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS); dan 7) praktik pembelajaran dan penilaian di sekolah. Pembahasan yang kedua, dari hasil implementasi integrasi pendidikan inklusi dapat dijelaskan dari hasil rapor Mutu Pendidikan melalui data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2018 yang di fokuskan pada pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Hasilnya bahwa setelah pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 sejak tahun 2013 ternyata berdampak positif terhadap peningkatan capaian SKL dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2017.

Kata Kunci: Pendidikan inklusi, pelatihan kurikulum 2013, standar kompetensi lulusan

 

Abstract: the purpose of this study was to analyze the curriculum 2013 training model for elementary school teachers who integrate inclusive education, and analyzing the implementation’s result of inclusive education integration of curriculum 2013 post-training. This study used descriptive qualitative method with observation technique and documentation study. While the discussion in this paper the first, the strategy undertaken for inclusive education is through integration into some materials on curriculum 2013 training. While the materials are integrated with inclusion education are among others: 1) policy and dynamics of curriculum development; 2) strengthening character education; 3) Practice of competency analysis, learning materials, learning, and assessment (integrated thematic); 4) psycho-educational guidance; 5) Lesson plan; 6) Preparation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) assessment instruments; and 7) learning and assessment practices in schools. The second discussion, from the results of the implementation of integration of inclusion education can be explained from the results of the Quality of Education report by the Mapping of Quality Data (PMP) in 2018 which focuses on the achievement of Graduate Competency Standard. The result is that after the implementation of 2013 curriculum training since 2013 it has a positive ipact on increasing the achievement of Graduate Competency Standard from 2016 until 2017.

Keywords: Inclusive education, 2013 curriculum training, competency standard of graduates


Full Text: PDF