Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS III SD NEGERI PALEBON 01 SEMARANG
Setiya Widi Nugroho

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap belajar siswa, prestasi akademik siswa, pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang kelurahan Palebon kecamatan Pedurungan kota Semarang tahun 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pokok. Prestasi belajar sisiwa dikumpulkan sabagai bagian dari temuan penelitian. Responden penelitian adalah orang tua peserta didik, guru kelas peserta didik, kepala sekolah, dan peserta didik di SD Negeri Palebon 01 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan mengenai peran orang tua terhadap prestasi akademik siswa. Perang orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan prestasiakademiksiswaharusmemperhatikan peran orang tua dan polapengasuhansiswa oleh orang tua di rumah.

Kata kunci: peran orang tua dan prestasi akademik siswa.

 

Abstract: This study aims to know the attention of parents to student learning, student academic achievement, influence of parent's attention to student achievement class III SD Negeri Palebon 01 Semarang, Palebon sub-district Pedurungan Semarang city 2018/2019. The method used is the method of interview, observation, and documentation as the main method. Student learning achievement was collected as part of the research findings. Research respondents are parents of learners, classroom teachers, principals, and students in Elementary School Palebon 01 Semarang. The results showed that there is a positive and significant influence on the role of parents on student academic achievement. Parental wars have a positive and significant impact on student achievement. Thus it can be concluded that efforts to improve student academic achievement should consider the role of parents and parenting patterns by parents at home.

Keywords: parent's role and student's academic achievement


Full Text: PDF