Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI ) BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN REJOSARI 03 SEMARANG
Annisa Aliatul Muhimah, Purwadi Purwadi

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Team
Assigted Individualization berbantu media domino terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan model OneGroup Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri Rejosari 03 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 24 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara terstruktur dan kegiatan observasi. Hasil dari nilai posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata 78 dan rata-rata posttest mencapai 84,65, sedangkan nilai pretest 57,92 dengan KKM 65. Dari hasil analisi data sebelum dan sesudah ditemukan akibat yang positif yang dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebelum dilakukan perlakuan dan sesudah perlakuan dari data awal sebesar 37,5% siswa tuntas dan meningkat menjadi 100% siswa mempeloleh ketuntasan belajar matematika. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu melalui analisi data dapat diketahui harga t hitung > t tabel yaitu 9,701 > 1,678. Dari Analisis data uji linier sederhana diperoleh koofisian determinasi sebesar 71%. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa kelas V dengan menggunakan model TAI berbantu media domino.


Kata Kunci: Model Team Assigted Individualization, Media Domino, Matematika, Hasil Belajar


Full Text: PDF