Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SEKOLAH DASAR PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017
Wasimin Wasimin

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) capaian implementasi kurikulum 2013jenjang Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Jawa Tengah yang meliputi aspek: dokumen kurikulum, dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembelajaran dan penilaian pembelajaran; (2) permasalahan guru SDdi Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan kurikulum 2013 yang meliputi aspek: dokumen kurikulum, dokumen RPP, pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis tabel frekuensi. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampeladalah purposive sampling, yang sampelnya adalah 70 SD pelaksana kurikulum 2013 tahun 2017 Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 2 SD pelaksana setiap kabupaten/kota. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, interview, angket (kuesioner) dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata capaian implementasi kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar (SD) yang meliputi dokumen kurikulum, dokumen RPP, pembelajaran, dan penilaian pembelajaran berturut-turut 3, 23; 3,60; 3,38; 3,47 atau rerata 3,42 (baik); (2) permasalahan yang ada adalah sekolah masih mengalami kesulitan dalam mengevaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), menyusun RPP yang bermuatan karakter, literasi, keterampilan abad XXI, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan tepat, serta menyusun instrumen penilaian, menindaklanjuti hasil penilaian.

Kata kunci: implementasi, dokumen, karakter, literasi, tematik


Full Text: PDF