Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS 3 SD NEGERI BOGORAME KABUPATEN REMBANG
Ike Okta Priyani, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika siswa III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Bogorame Kabupaten Rembang dan SDN Tasikagung Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 16 siswa sebagai kelas kelas eksperimen dan 16 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan pengambilan sampling menggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis hasil penelitian, pada hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas yang menggunakan model Problem Based Learning mencapai presentase ketuntasan klasikal 87,5%. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen 79,69 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 60, diperoleh  lebih besar dari (4,462579 > 1,697).

Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, Polya

Abstract:This research is aimed to know the difference of problem solving ability of mathematics before using Problem Based Learning model in mathematics subjects of elementary school students. This type of research uses experimental Quasi Experimental Design research method with the form of Nonequivalent Control Group Design. The population of the study were all the third grade students of SDN BogorameKabupatenRembang and SDN TasikagungKabupatenRembang in the academic year 2017/2018. Samples taken were 16 students as experiment class class and 16 students as control class by using Nonprobability Sampling technique with sampling using saturated sampling. The data in this research is obtained through observation, documentation, and test. Based on the analysis of research results, on the results of learning completeness test shows that the problem solving ability of classroom students using Problem Based Learning model achieves 87.5% classical mastery percentage. The average value in the experimental class 79.69 and the minimum completeness criterion (KKM) 60, obtained t_hount is greater than t_table (4.462579> 1.697).

Keywords: Problem Based Learning Model, problem solving ability, Polya



Full Text: PDF