Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MEDIA BENTUK PUZZLE JENIS SUDUT (BPJS) PADA MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SISWA SD NEGERI 2 WINONG BOYOLALI
Fitriyah Handayani Widya Sari, Rahmad Rais, Diana Endah Handayani

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Pengaruh Media Bentuk Puzzle Jenis Sudut (BPJS) Pada Model Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 Siswa SD Negeri 2 Winong Boyolali.Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika belum mencapai KKM. Selain itu, proses pembelajaran yang monoton menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran karena kurangnya penggunaan media pembelajaran (alat peraga).Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Pre Experimental Designdengan bentuk One Group Pretest-Posttes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Winong 02 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, studi dokumenter, dan tes. Hasil perhitungan yang dilakukan terdapat 15 siswa yang tuntas dengan presentase 75% dan 5 siswa yang belum tuntas dengan presentase 25%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa kelas III SDN Winong 02 Boyolali telah mencapai ketuntasan. Perhitungan nilai hasil belajar pretest dan posttest terdapat perbedaan, pada nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada prettest yaitu 73>52 selisi nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 21. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan t di ketahui hasil thitung dan ttabel yaitu 6,284>2,039 Pada taraf signifikan 5%. Kesimpulanya bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament berbantu Media Bentuk Puzzle Jenis Sudut (BPJS) terhadap hasil belajar Matematika siswa.

Kata kunci: Team Games Tournament, Media Bentuk Puzzle Jenis Sudut (BPJS), Hasil Belajar

 

Abstrack:This study aims to determine the Influence of Media Forms Angle Puzzle Type (BPJS) On Model Team Games Tournament Against Learning Outcomes Mathematics Class 3 Students SD Negeri 2 Winong Boyolali. This research background by the result of student learning to subject of Math has not reached KKM. In addition, the monotonous learning process leads to low student learning outcomes. Learning model used is less varied so that passive students in following learning because of lack of use of learning media (props).This type of research uses experimental research method of Pre Experimental Design with the form of One Group Pretest-Posttes Design. The research population is all students of class III SDN Winong 02 Boyolali academic year 2017/2018. Samples taken are 20 students. The data in this study were obtained through interviews, documentary studies, and tests.The results of the calculations performed there are 15 students who completed with a percentage of 75% and 5 students who have not completed with 25% percentage. This means that the completeness of students' grade III SDN Winong 02 Boyolali has reached completeness. The calculation of pretest and posttest learning result value is different, at posttest average value is bigger than prettest that is 73> 52 pretest and posttest mean pretest value value is 21. This is proven in final analysis by using t in know result of tcount and ttable that is 6.284> 2.039 At a significant level of 5%. Conclusion that the influence in the use of learning models Team Games Tournament Assisted Media Forms Angle Puzzle Type (BPJS) of student learning outcomes Mathematics.

Keywords: Team Games Tournament, Media Forms Angle Puzzle Type (BPJS), Learning Outcomes


Full Text: PDF