Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA KALENDER BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJARTEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI JOMBLANG 01 SEMARANG
Fiki Priyono

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Fiki Priyono, NPM 14120170. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu  Media Kalender Bergambar Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri Jomblang 01 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018”. FakultasIlmu Pendidikan.UniversitasPGRI Semarang. Ernawati Saptaningrum, S.Pd.,M.Pddan Drs. Kiswoyo 2018. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jomblang 01 Semarang. Sampel yang dipilih adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Jomblang 01 Semarang yang berjumlah 78 siswa dengan menggunakan teknik non probabillity dengan jenis sampling jenuh.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Jomblang 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data pretest posttest kelas kontrol rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 47,23 menjadi 73,28 sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 59,5 menjadi 84,93. Pada nilai pretest dan posttest menunjukkan nilai rata-rata siswa . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture Berbantu  media kalender bergambar dapat diterapkan dan meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Jomblang 01 Semarang.

Kata kunci: Model Picture and Picture,Media kalender bergambar, hasil belajar tematik siswa.

 

Abstract:Fiki Priyono, NPM 14120170. "The Influence of Picture and Picture Learning Model Pictureed Media Media Calendar on Thematic Learning Outcomes of Fourth Grade Students of SD Negeri Jomblang 01 Semarang Academic Year 2017/2018". Faculty of Science Education. University of PGRI Semarang. Ernawati Saptaningrum, S.Pd., M.Pd and Drs. Kiswoyo 2018.This research was conducted in SD Negeri Jomblang 01 Semarang. The selected sample is all students of class IVA and IVB SD Negeri Jomblang 01 Semarang which amounted to 78 students by using non probabillity technique with saturated sampling type. The population of this research is all the fourth grade students of SD Negeri Jomblang 01 Semarang. The type of this research is quantitative experimental research. In this study, the study used nonequivalent control group design.Based on data analysis of pretest posttest of control class, the average of student's learning result increased from 47.23 to 73.28 while in the experimental class that is 59.5 to 84,93. The pretest and posttest values ​​indicate the student's average score. Thus it can be concluded that the model of learning picture and picture Assisted visual calendar media can be applied and improve the thematic learning outcomes of fourth grade students of Elementary School Jomblang 01 Semarang.

Keywords : Model Picture and Picture, Media picture calendar, student's thematic learning result


Full Text: PDF