Last modified: 2018-09-07
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Number Head Together terhadap hasil belajar Matematika materi pembagian tiga bilangan subtema Bermain di lingkunganku siswa kelas II SDN Jamus Mranggen Demak.Rendahnya hasil belajar yangn diperoleh peserta didik pada pembelajaran Matematika materi pembagian tiga bilangan Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik NonprobabilitySampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Number Head Togethernilai rata -rata posttest lebih besar dari pada pretest yaitu 54,75 > 76. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 21. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil > yaitu 7,608>0,195 pada taraf signifikan 5%. Rata-rata nilai siswa meningkat dengan penggunaan model Number Head Together. Kesimpulannya bahwa model Number Head Together. efekif terhadap hasil belajar Matematika materi pembagian tiga bilangan subtema bermain dilingkunganku kelas II SDN Jamus Mranggen Demak.
Kata Kunci : Abstrak, Hasil belajarMatematika, Model Number Head Together
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the model Head Head Together on learning outcomes Mathematics material division of three subthemes Play in my neighborhood class II SDN Jamus Mranggen Demak. The low learning outcomes that learners gain on learning Mathematics of the three-numbered division of matter This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experimental Design with the One-Group Pretest-Posttest Design design. Samples taken were all students of class II which amounted to 20 students using Nonprobability Sampling technique in the form of saturated sampling. The data in this research is obtained through observation, test, and documentation. The result of data analysis after getting the treatment by using Model Head Head Together the average value of posttest is bigger than pretest that is 54,75> 76. The difference of pretest and posttest mean value is 21. This is proven in final analysis by using test t known result t_hitung> t_tabel is 7,608> 0,195 at significant level 5%. The average student score increases with the use of the Head Together model. In conclusion that model Head Head Together. Effective on learning outcomes Mathematics material division of three numbers subtema play dilingkunganku class II SDN Jamus Mranggen Demak.
Keywords: Mathematics learning result, Model Number Head Together