Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 01 WONOPRINGGO PEKALONGAN
Etika Handayani, Soegeng Soegeng, Ferina Agustini

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 01 Wonopringgo Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan metodeeksperimen. Populasi penelitian adalah adalah kelas V yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang diambilyaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini bentuk desain yang digunakan adalah true experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti selama berlangsungnya penelitian yang menunjukkan hasil uji hipotesis yang diterima dan tuntasnya hasil belajar siswa secara klasikal. Dengan tuntasnya hasil belajar siswa secara klasikal dan diterima uji hipotesis maka penelitian ini berhasil. Hasil dari penelitian model course review horay berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Wonopringgo.\

Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran course review horay, hasilbelajar

 

Abstrack:This study have the aims is to determine the effect of learning course review horay model on the results of learning mathematics students of V grades SDN 01 Wonopringgo, Pekalongan. This type of research used experimental method. The study population is V grades consisting of two classes. The samples taken are the VA class as the controller class and the VB class as the experimental class. Each class numbered 20 students. In this research the design form used is true experimental design with type pretest-posttest control group design. The data in this research are obtained through observation, test, documentation and interview. Based on the results of the research that obtained by researchers during the course of research that shows the results of hypothesis testing received and completed of the student learning outcomes in a classical. With the completion of the student learning outcomes in a classical and accepted hypothesis test then this research is successful. The Result of research of the course review horay model have an effect on to result of learning the subject of students' mathematical V grades SDN 01 Wonopringgo.

Keywords: influence, learning model course horay review, learning outcomes


Full Text: PDF