Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK POP UP BOOK TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
Naila Nur Anisa, Moh Aniq KHB

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan praktisan pengembangan media pembelajaran tematik Pop Up Book Tema 6 Cita-citaku kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Reserch and Development (RnD). Subjek penelitian adalah 2 guru dan 53 siswa kelas IV, yaitu di SD N 1 Tosari 23 siswa dan SD N 2 Turunrejo 30 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data dari skala likert dan Guttman. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Jenis Penelitian ini adalah hasil uji validasi dari ahli materi dan media. Adapun kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 94,0 % dan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 94,3% dengan kategori “sangat baik” dan layak diuji cobakan. Sedangkan untuk penilaian praktis dengan uji coba di SD terhadap kualitas media didasarkan angket respon guru dan siswa. Secara keseluruhan hasil presentase respon guru tingkat kepraktisan 95 % dan hasil persentase respon siswa tingkat kepraktisan 99,3%. Berdasarkan uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memiliki
kualifikasi “sangat baik”, sehingga media valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, tematik, pop up book

 

Abstract: The purpose of this research is to know the validity and the practicum of the development of thematic teaching media using Pop Up Book Theme 6 My aspirations of class of IV grade Primary School. The method used in this research is Reserch and Development (RnD). The subjects were 2 teachers and 53 students of grade IV, namely SD N 1 Tosari 23 students and SDN 2 Turunrejo 30 students. The method used in data collection is interview observation and questionnaire. Technique of collecting data from likert scale and Guttman. The research model used in this research is the ADDIE model. This research type
of the research is the result of validation test from material expert and media. The valid criteria with the test results of material experts reached the level of validity 94.0% and test results of media experts reached the level of validity and 94.3% with the category of "very good" and worth tested try. While for the practical assessment with the trial in SD on the quality of media based questionnaire response of teachers and students. Overall the result of the percentage of teacher responses 95% practicality level and the result of the percentage of student responses 99.3% level of practicality. Based on the experiments conducted it can be concluded that the developed medium has a qualification "very good", so the media is valid and practical use in learning.

Keywords: development, learning media, thematic, pop-up book


Full Text: PDF