Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD
Wismo Andri Septi Bagusworo

Last modified: 2018-09-07

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli di lingkungan sekitar  kelas III SD Negeri 02 Muryolobo Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk PreExperimental Design dengan teknik One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 02 Muryolobo Jepara. Sampel yang diambil adalah 35 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan instrumen penelitianpretest, posttest.Hasil analisis pretest diperoleh hasil ketuntasan belajar 29 siswa yang tidak tuntas dengan persentase (83%) dan posttest diperoleh hasil ketuntasan belajar 34 siswa yang tuntas dengan persentase (97%), terdapat perbedaan ketuntasan belajar siswa hasil belajar pretest dan postest 60,91>83,65 dengan selisih 22,74. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil thitung>ttabel yaitu 13,683>1,690 pada taraf signifikan 5%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.

Kata kunci: Abstrak, Hasil belajar IPS, Model Role Playing

 

Abstract: The purpose of this research is to know the influence of learning role playing model on learning result of IPS material of buying and selling activity in environment around class III SD Negeri 02 Muryolobo Jepara. This type of research is quantitative research in the form of Pre Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design technique. The study population is all students of class III SD Negeri 02 Muryolobo Jepara. Samples taken were 35 students by using Saturation Sampling technique. This research data was obtained through interview, observation, documentation and research instrument of pretest, posttest. The result of pretest analysis showed that 29 students who did not complete with percentage (83%) and posttest resulted 34 students complete with percentage (97%), there is difference of students' learning comprehension result of pretest and posttest learning 60,91> 83 , 65 with a difference of 22.74. This is evident in the final analysis by using t test is known tcount> ttable is 13.683> 1.690 at 5% significant level, it can be concluded that the role playing role model influences the learning outcomes of IPS.

Keywords: Abstract, IPS learning result, Model Role Playing


Full Text: PDF